jump to navigation

Doa dan Makanan Halal February 4, 2006

Posted by bustanularifin in Serbaneka.
trackback

Doa adalah senjata bagi setiap muslim, bahkan siapa pun dia. Doa dapat membuat ‘yang tidak mungkin’ menjadi kenyataan. Manusia dengan semua kelemahan yang melekat pada dirinya dapat menjadi lebih berdaya lewat doa yang dia panjatkan.

 

Berdoalah untuk kebaikan dirimu dan untuk kesejahteraan masyarakat, jangan  berdoa untuk keburukan diri atau orang lain. Ada adab yang dibahas oleh para ahli tasawuf dalam berdoa, antara lain dalam keadaan suci atau berwudhu, membaca shalawat, menghadap kiblat, menyebut nama ALLAH, dan lainnya. Panjatkanlah doa dalam bahasa apa pun yang engkau bisa, syukur bila dengan bahasa Arab.

 

Anak kecil berdoa dengan gaya dan bahasanya sendiri. Remaja pun berdoa dengan bahasa gaul mereka. Orang dewasa berdoa dengan adab yang lebih sopan, santun, dan penuh rendah hati. Saat kita makin bertambah tua, saat itu selayaknya kita lebih percaya atas semua doa yang dipanjatkan. Ada doa yang langsung dijawab oleh-Nya, ada doa yang terkabul beberapa waktu kemudian, dan ada doa yang sampai saat ini pun belum dikabulkan. Lalu, akankah kita berhenti berdoa? Tentu tidak! Berdoa dan teruslah berdoa, karena hal itu akan dapat mengokohkan jati dirimu.

 

Atau, muncul pertanyaan ‘mengapa doa kita tidak dikabulkan’? Wallahualam.

Saya sempat membuka dan membaca buku tentang doa tepat di bagian akhir. Ternyata, ada hubungan langsung antara doa dengan makanan yang masuk ke tubuh kita. Bila yang haram yang kita makan, maka pastilah semua doa kita akan ditolak! Kalau pun dengan makanan haram tetap tercapai apa yang diinginkan, yakinlah itu cobaan! Akan ada saatnya semua kejahatan yang dilakukan akan mendapat balasan yang setimpal, yaitu di hari akhirat!

 

Makanan yang halal yang masuk menjadi bagian dari tubuh kita akan menjadi sumber energi baru yang sangat bernilai untuk kehidupan. Semua yang halal yang diberikan kepada anak-anak kita, keluarga kita, akan menjadikan mereka sumber inspirasi dan penyejuk mata pelipur lara untuk menggapai kehidupan yang lebih baik – di dunia dan akhirat. Sikap lemah lembut, penyayang kepada sesama, santun kepada semua orang, serta akrab kepada lingkungan sekitarnya adalah buah dari makanan halal yang diberikan kepada mereka.

 

Bukankah sulit mencari yang halal? Barang haram pun sulit ditemukan! Tidak … saudara. Tetaplah berusaha mendapatkan yang halal, kemudian nafkahkan kepada jalan yang benar untuk mendapat barokah yang lebih besar lagi dari-Nya. Ketenangan hidup, keyakinan akan bimbingan ALLAH, rasa syukur yang mendalam atas semua karunia-Nya adalah cara yang sangat baik untuk hidup bahagia luar dalam.  Hidup dalam kecukupan yang barokah, dicintai oleh semua makhluk, dan selalu berada di jalan-Nya adalah yang paling diidamkan oleh kita semua. Wallahualam [].

Comments»

1. aaaaaaaaaaaaaaaaaaa - March 27, 2007

tekan ENTER kalo kangen gw

Wah bener2…..kangen nih org

STOP!!!!

Wah masih tekan Juga…………….

yaudagh deh I MISS U^^

2. akaNg zHa - July 11, 2007

subhanallah, saya bisa minta tentang isu keamanan pangan halal di indonesia g, soalnya saya butuh bwt info halal LSO PH di kampus saya (unsoed). kl bisa c dikirim lewat email saya, trimaksaih sebelumnya……
wass.

3. auf - October 16, 2008

gw mau nanya

masalah ker dan halal gw nga tau banget sieh masalah hukum agama

kl tentang utang piutang apa ad ribanya oke thz

4. Do’a dan makanan halal « “Tarbiyah” untuk semua, selamanya.. - October 21, 2008

[…] dari sini […]

5. ahmad - November 10, 2008

assalamu’alaikum smua saya mw tanya nie w lagi di sruh bikin artikel tentang makanan apa yang ini bagus…

6. ahmad - November 10, 2008

tentang makanan
halal

7. A.ISNAEN AND FRIEND - March 25, 2009

Saya sedang Mencari tugas AGAMA tentang makanan halal dan haram

8. bagyojose - July 8, 2010

makanlah makanan yang halal, karena bisa menyelamatkan kita dari hal-hal yang buruk.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: